Legend dan Epic…Artikel-Artikelnya !

Berikut adalah daftar bacaan bagi para programmer yang ingin maju dan jadi legenda. Membahas permasalahan dari sistem seperti scalability, reliability, security, dan performa dari software berskala besar.

Terdapat konsep atau teori yang dikemukakan oleh para ahli dengan referensi yang terjamin. Study kasus diambil dari pertempuran sistem-sistem yang sudah terbukti bertahan melayani jutaan hinggal miliar user.

Sistem Anda Seperti Keong?

Fahami permasalahan yang Anda hadapi. Jika untuk satu user sistem Anda berjalan cepat dan responsip, tetapi ketika user bertambah banyak sistem menjadi lambat sekali. Ini adalah permasalahan dari scalability. Apabila untuk satu user saja sistem Anda bejalan lambat, ini menunjukkan terjadi masalah performa pada sistem.

Coba Anda review di bagian Design Principle dan coba cek bagaimana permasalahan terkait Scalability dan Performance di solve. Untuk pemasalahan scalability pada big data dan machine learning bisa membaca pada bagian Intelligence.

Jika sistem Anda sudah bertahun-tahun masih tetap bermasalah pada scalability dan performance, ini mendandakan sistem Anda harus di lakukan rewrite. Jika sudah di lakukan rewrite dan sistem Anda masih lambat ini menunjukkan Engineering yang Anda miliki kebanyakan adalah Keong Racun.

Sistem Anda Sering Down?

Kalau sistem yang Anda miliki sering down ini menunjukkan permasalahan pada Availability dan Stability. Pelajarilah di kedua hal tersebut dan tetaplah tenang. Karena dengan ketenangan Anda dapat membangun kembali sistem yang lebih bagus.

Even if you lose all one day, you can build all over again if you retain your calm!”

Thuan Pham, former CTO of Uber. So

Jika Anda Mau Membuat Sistem Architecture dan Design

Sebelum memulai membuat sistem atau software arsitektur maka labih baik Anda membaca artikel-artikel yang ada di baigan Architecture. Jika Anda mau melakukan interview terkait hal ini maka coba Anda liat di bagian Interview. Anda juga bisa mecoba mencheck di bagian Talk dan ada beberapa daftar Buku yang bagus dan rata-rata free.

Jika Anda Sedang Membangun Dream Team

Tujuan utama dari melakukan scaling team atau schale up bukan lah memperbanyak jumlah team. Akan tetapi, harusnya meningkatkan output dan nilai dari team. Anda dapat mengetahui bagai mana perusahaan teknologi yang sudah berhasil mencapai tujauan dalam beberapa aspect seperti, perekrutan, management, organisasi, budaya, dan komunikasi. Hal-hal ini dapat Anda dapatkan pada bagian Organisasi.


Ikuti Blog Saya

Dapatkan konten baru yang dikirim langsung ke kotak masuk Anda.

Dikelola oleh WordPress.com.

Atas ↑